Assalamu'alaikum..., selamat datang di Blok Kajian Fiqih Syafi'i. Semoga sahabat memperoleh manfaat dari blog ini. Mohon klik LIKE pada Facebook kami dan pada postingan-postingan kami ya, supaya ramai. Jika berminat dengan buku-buku Aswaja, silakan klik pada link Toko Buku Aswaja. Semoga limpahan barakah Allah selalu tercurah pada kita semua. Amiin...

Jumat, 21 November 2014

Hisablah Diri Kalian

Assalamu'alaikum sahabat Kajian Fiqih Syafi'i...

Alhamdulillah atas izin Allah kami kembali untuk memberikan goresan di blog ini. Semoga ada manfaat yang akan sahabat dapatkan dengan berkunjung ke sini.

Sore ini, saya akan mengingatkan kita semua dengan sebuah nasihat yang pernah disampaikan oleh Abu Bakar ash Shiddiq ra. Sebuah nasihat yang mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam hidup dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tibanya saat perjumpaan kita dengan Allah Swt.

Diriwayatkan bahwa dalam salah satu khutbahnya Sayyidina Abu Bakar ra pernah berpesan:

"Hisablah diri kalian sebelum tiba penghisaban kalian. Sungguh, tidaklah suatu kaum meninggalkan jihad fi sabilillah, kecuali Allah akan menimpakan kefakiran pada mereka. Dan, tidaklah perbuatan zina itu merebak dalam suatu kaum, kecuali Allah akan menimpakan siksa-Nya pada mereka." (Kanzul 'Ummal, karya Alauddin Ali Muttaqi al-Hindi, no. 14114)

Sahabat sekalian....

Dalam nasihatnya ini, Abu Bakar ra mengajak kita untuk sesegera mungkin menghisab diri sendiri sebelum tiba saat penghisaban yang akan dilakukan oleh Allah Swt kepada kita. Menghisab diri sendiri artinya melakukan penimbangan atas amal kebaikan yang mendatangkan pahala yang telah kita lakukan dan amal keburukan yang mendatangkan dosa.

 Perhatikanlah..., mana di antara keduanya yang lebih banyak?

Yang terbaik adalah selalu menduga bahwa keburukan kita jauh lebih banyak daripada kebaikan. Sikap ini akan membuat kita senantiasa terdorong untuk melakukan amal kebajikan.

Demikian sahabat nasihat dari Sayyidina Abu Bakar ra. Semoga bermanfaat dan selalu kita memperoleh berkah dari Allah Ta'ala. Amiin..

Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

0 Comments:

Posting Komentar